Kamis, 12 Juli 2012

Tips Membuka Tempat Praktek Dokter Gigi

Bagaimana sih cara membuat tempat praktek gigi yang efisien dan segera balik modal (BEP). Berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Analisa pasar
Cieeee... gaya kan pake analisa pasar. Ini yang menentukan efektif dan efisiennya kita dalam memulai  "bisnis" tempat praktek. Kita harus tau tempat kita akan membuka praktek itu potensi tingkat ekonomi pasarnya apakah golongan ekonomi rendah, menengah atau tinggi. Harus tau yang kita sasar itu mayoritas golongan buruh, petani, remaja, anak anak, orang kantoran atau selebritis.

Contohnya tempat kita praktek cenderung mayoritas populasi kaum buruh kasar yang biasanya kurang memperhatikan kesehatan gigi dan tidak bisa diharapkan periode kunjungan kontrol yang tinggi. Biasanya kasus paling banyak adalah ekstraksi. Akan konyol kalau kita perbanyak belanja bahan bahan perawatan orthodonti atau bleaching tentu tidak akan laku cepat. Lebih baik kita stok syringe + pehacain yang banyak.

2. Strategi Marketing
Selain menganalisa pasar, juga harus diketahui pola pembiayaan kesehatan di sekitar tempat kita membuka praktek. Apakah mayoritas memiliki asuransi, atau bayar dari kantong sendiri.
Pada daerah dimana banyak masyarakat memiliki asuransi, akan lebih bijak bila kita memasarkan tempat praktek dengan bekerjasama dengan perusahaan Asuransi penjamin biaya kesehatan. Tetapi bila sebagian besar lebih banyak membiayai pelayanan kesehatan dari kantongnya sendiri (out of pocket), perlu dipertimbangkan strategi pemasaran direct selling atau dengan member get member. Direct selling contohnya bisa dengan mengundang masyarakat sekitar ke tempat praktek kita dengan ditawarkan pemeriksaan gratis + discount biaya tindakan. Member get member bisa dengan memberikan discount khusus bagi pasien yang merekomendasikan tempat praktek kita ke pasien lain. Dapat juga dilakukan strategi price discount pada waktu waktu tertentu.

3. Strategi Tarif
Dalam penyusunan tarif ada 2 strategi yang umum  digunakan yaitu low cost dan diferensiasi. Bila menggunakan strategi low cost tentu saja kita menggunakan setting tarif yang elbih rendah dibandingkan tempat praktek dokter gigi yang lain. Diferensiasi dilakukan dengan memasang tarif setara dengan tempat praktek yang lain di daerah kita tapi kita memberikan pelayanan lebih misalnya setiap pasien yang datang diberikan minuman ringan selama menunggu atau merchandise / souvenir

4. Pelayanan yang Iconic
Berikan pelayanan yang berbeda yang membuat tempat praktek berbeda dari tempat praktek yang lain. Contohnya : desain ruang tunggu dengan warna warni ceria, tersedianya fasilitas permainan playstation gratis di ruang tunggu khusus anak, fasilitas internet hotspot ataupun ucapan sapa salam yang khas.

5. Kemudahan Pembayaran
Perlu dipertimbangkan kemudahan pasien membayar dengan menyediakan mesin bayar (EDC) untuk kartu kredit / debet. Juga perlu dipertimbangkan mesin photocopy / scanner bagi pasien yang menggunakan jaminan asuransi. Jangan sampai kehilangan pasien hanya karena tidak membawa uang tunai ataupun pasien asuransi yang lupa memfotokopi kartu asurnasi dan persayaratan lain.

Itu sedikit tips bagi tempat praktek gigi kita supaya laris manis dan segera BEP. Masih banyak tips yang laian, cuma belum sempat buat ngetik, nanti diupdate lagi deh.

3 komentar:

Tia Roozanty mengatakan...

Ciiyeee....yang udah buka "tempat gigi" ....semoga barokah dan something banget :p

babiemas mengatakan...

mau tips nya lagi dong kang,, kl boleh apa yang perlu disiapin utk buka klinik atau membahas perbedaan kualitas alat dr mancanegara yg makin banyak sekarang ..

Unknown mengatakan...

http://forsilakg.unissula.ac.id/ Fakultas Kedokteran Gigi Unissula menyelenggarakan Seminar Nasional Dalam Rangka Kegiatan tahunan Forum Silaturahmi Ilmiah Fakultas Kedokteran Gigi Unissula. Seminar Acara Akan Diselenggarakan Pada Tanggal 17 - 18 Mei 2013. GUMAYA TOWER. Dalam Seminar Forsila Kg 2013 Tersebut Meliputi Berbagai Keahlian Seperti
O. Endodontic

O. Oral Medicine

O. Oral Surgery

O. Orthodontic

O. Pediatric Dentistry

O. Periodontic

O. Prostodontic

O. Restoration

O. Public Health

Call for Papper

1. Abstract ( Oral - Poster ) that can be submitted
- Research Abstract
- Case Report Abstract
- Literature Study

2. Abstract submission before March 15 , 2013 in form of soft copy via email forsilakgunissul@gmail.com

3. Abstract acceptance notification on March 31 , 2013
Pendaftaran peserta

Sebelum 31 Maret 2013
Dentist : Rp. 600.000
Dental Student : Rp. 500.000

Pendaftaran peserta

setelah 1 April s/d 16 Mei 2013
Dentist : Rp. 650.000


Pendaftaran peserta

On Site 17-18 Mei 2013
Dentist : Rp. 700.000

Transfer Payment :
Bank Central Asia ( BCA )
Semarang
Account Number : 2520975171
Account Name : Sutji Asri, Drg

Bukti transfer beserta nama lengkap, alamat lengkap, nomor HP, serta kode demo/hands-on yang diikuti (bila mengikuti) faks atau email ke forsilakgunissul@gmail.com
Untuk Informasi Seminar Kedokteran Gigi Lebih Lanjut Anda Bisa Menghubungi

Contact Person :

Drg. Rama Putranto, M.Kes, Phd (Orth)
( +6282 - 160 - 977 - 575 )
Drg. Sandy Christiono, Spkga
( +6285 - 634- 821 - 47 )