Selasa, 29 Januari 2008

WM6 PLANTED IN MY WIZARD

Sekarang baru ada waktu nulis cara menanam wm6 di HTC Wizard. Anggap saja lanjutan tulisan unlockin HTC Wizard sebelumnya.
Diasumsikan mendapat device dengan kondisi paling extreme terkunci. Bahan uji coba menggunakan T Mobile Vario yang terkunci CID dan Simlock. Untuk bisa di flash dengan berbagai macam varian rom, syarat utama CID harus dibuka kuncinya (super CID) tidak hanya simLocknya saja. Cara membukanya gmana, baca aja tulisan sebelumnya mengenai Unlocking Wizard.
Ciri ciri CID lock gmana.. Yang paling sederhana ya program updating romnya (RUU) menolak untuk memflash dengan keterangan ROM tidak cocok atau proses flashing ROM berjalan sampai 100 % tapi ROM tidak berubah.

Ini langkah langkah mendapatkan superCID Wizard :
1. Unlock Wizardnya, langkahnya ada di tulisan mengenai unlocking wizard.
2. Upgrade IPL/SPL menjadi versi 2.26. Untuk mendapatkannya bisa dengan melakukan Flashing ROM T-mobile Vario US versi 2.26. Saya tidak melakukan hal tersebut tapi menggunakan cara lain yaitu melakukan flashing IPL/SPL versi 3.08, karena filenya tidak include OS di dalamnya jadi prosesnya lebih cepat.
3. Sekarang HTC Wizardnya sudah siap untuk di flash dengan berbagai macam ROM WM5 atau WM6 sesuai selera anda.

Kesalahan - Kesalahan yang pernah saya lakukan dalam melakukan upgrading ini :
Melakukan upgrade SPL/IPL tanpa unlocking CID dulu, hanya Simlock saja karena saat itu menggunakan lokiwiz versi 3a. Saya pikir sudah ke unlock CID nya rupanya belum. Akibatnya ketika flash ROM 2.26 dikatakan ROM tidak cocok dan ketika Flash ke ROM yang lain, ROM tidak berubah ketika selesai flash. Solusinya, saya lakukan kembali CID unlocking dengan Lokiwiz versi 2.0b. Setelah proses selesai, saya flash lagi dengan IPL/SPL 3.08 karena setelah flash dengan Button ROM, IPL versi 1.05 dan SPL 3.08. Untuk melakukan upgrade ROM, IPL/SPL harus memiliki versi 2.26 dan tidak boleh berbeda satu sama lain

Tidak ada komentar: